Sabtu, 20 September 2014

5 Search Engine beserta Penemu dan Tahun Tercipta



 5 Search Engine beserta Penemu dan Tahun Tercipta


Bing

    Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
     
    1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
    2. Images untuk pencarian gambar.
    3. News untuk pencarian berita.
    4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
     
Submit URL : http://www.bing.com/




 Baidu

    Perusahaan Perseroan Terbatas Teknologi Internet Baidu didirikan pada tahun 1999, bisnis utama pada masa permulaan adalah menyediakan teknologi pelacakan kepada situs web ukuran besar. Satu tahun kemudian, pendiri Baidu Robin Yanhong Li dan Eric Yong Xu memutuskan pembukaan situs web pelacakan profesional independen dengan nama "Baidu". Baidu merupakan Search Engine berbasis bahasa Cina,namun mampu menjadi pioner yang dapat mengalahkan Google dari sisi penggunaannya yang berbahasa cina. Tingkat kunjungannya sangatlah tinggi, hingga melebihi 1 Milyar per harinya.
  
  Submit URL : http://www.baidu.com/


   Hotbot 

    Hotbot dibangun 20 Mei 1996 dan merupakan produk keluaran Inkomotomi Corporation yang didirikan oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier dari Universitas California Berkeley. HotBot dapat mencari dokumen-dokumen dengan format tertentu, misalnya file ActiveX, file audio dan file VRML. Alasan utama pemakai Internet menggunakan HotBot adalah informasinya yang cukup lengkap tentang data perbandingan motherboard maupun prosesor. Uniknya pencarian dapat melibatkan kriteria MUST, SHOULD dan MUST NOT untuk menyaring data yang dikumpulkan.
    Submit URL : http://www.hotbot.com/



   Lycos

    Lycos yang merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.
    Submit URL : http://www.lycos.com/



  Yahoo

    Yahoo didirikan / dirintis oleh David Filo dan Jerry Yang, alumni mahasiswa teknik dari universitas stanford. Ide awal pendirian Yahoo di mulai pada bulan April 1994. Pada awalnya yahoo hanya sebuah bookmark, lalu kemudian berkembang menjadi portal web yang terbesar hingga kini.
    Yahoo semakin berkembang dan dilengkapi dengan berbagai fitur - fitur menarik, antara lain : yahoo mail, yahoo messenger, yahoo group, yahoo 360, dll. Kebesaran perusahaan Yahoo inc pun semakin ditunjukkan dengan mengakusisi / mengambil alih berbagai perusahaan besar lainnya, seperti : Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya.
    Awalnya Yahoo bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo!, yang berarti “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis”


Sumber :  http://faikhkwnict.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar